Laboratorium Kesehatan adalah sarana yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

         Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan semula dengan nama Balai Laboratorium Kesehatan Banjarmasin. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 142 tahun 1978 adalah Unit Pelaksana Teknis Pusat Laboratorium Kesehatan Departemen Kesehatan RI, dimana koordinasi dan tanggungjawab di daerah diserahkan pada Kantor Wilayah Departemen Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

         Berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan No. 8 tahun 2008, tentang Pembentukan, Organisasi & Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas  & Badan  Provinsi Kalimantan Selatan, maka Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan adalah Unit  Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan di pimpin oleh seorang Kepala yang berkedudukan dibawah & bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Kesehatan.

 

 DASAR HUKUM

  1. Keputusan Menkes RI Nomor 364/Menkes/SK/III/2003 tentang Laboratorium Kesehatan.
  2. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 411/Menkes/Per/III/2011 tentang Laboratorium Klinik.
  3. Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 12 tahun 2009 tentang Retribusi  Pelayanan  Laboratorium  Kesehatan  pada Laboratorium  Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.
  4. Peraturan  Gubernur   Provinsi  Kalimantan  Selatan  Nomor  8   tahun  2008, tentang Pembentukan, Organisasi & Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas & Badan Provinsi Kalimantan Selatan.
  5. Peraturan Gubernur Provinsi Kalimantan Sealatan Nomor 048 tahun 2009, tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Unsur-Unsur Organisasi Dinas Kesehatan, Balai Pelatihan Kesehatan, Laboratorium Kesehatan, Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat, Instalasi Gudang Farmasi dan Perlengkapan Kesehatan dan Unit Kewaspadaan dan Penanganan Krisis Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.
  6. Surat Keputusan  bersama  Gubernur  Kalimantan  Selatan  dengan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan No.188.44/02.KUM/2007 dan No.Pol.B/1158/IV/2007 tentang Kerjasama di Bidang Kesehatan.

VISI  DAN  MISI

VISI : 

Menjadi Laboratorium Kesehatan Yang Unggul Dan Terpercaya Untuk Mendukung Masyarakat Sehat, Mandiri Dan Berkeadilan.

MISI :

  1. Memberikan pelayanan laboratorium kesehatan yang terstandarisasi
  2. Meningkatkan kemampuan pengujian secara berkelanjutan
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkesinambungan
  4. Menerapkan sistem manajemen mutu secara konsisten